• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Memahami Jenis Kelas Dari Berbagai Tipe Api

Fire Safety

Memahami Jenis Kelas Dari Berbagai Tipe Api –  bencana kebaran sudah pasti tidak asing lagi bagi kita semuanya. Hal ini karena bencana yang disebabkan oleh api ini bisa menelan kerugian yang cukup besar bahkan bisa menyebabkan kematian terhadap korban bencana kebakaran. 

Naah.. perlu Anda ketahui di balik bencana yang di sebabkan oleh api ini ternyata di dunia ini terdapat berbagai macam jenis api lho.. apa si berbagai jenis api ini? Berkut  penjelasan jenis kelas dari Tipe Api. 

Definisi Kelas atau Tipe Api berdasarkan kategori kebakaran dan penanggulangan bahaya kebakaran pada pasal 23 & 24 Perda DKI Jakarta No. 3 Tahun 1992 adalah sebagai berikut :

Kelas Api untuk Tipe A adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan biasa yang mudah untuk terbakar seperti kayu, kertas, pakaian dan sejenisnya.
Kelas Api untuk Tipe B adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari bahan cairan yang mudah terbakar seperti minyak bumi, oli, gas, lemak dan sejenisnya.
Kelas Api untuk Tipe C adalah jenis kebakaran yang disebabkan dari listrik, seperti kebocoran listrik, korsleting listrik dan termasuk kebakaran pada alat-alat listrik.
Kelas Api untuk Tipe D adalah jenis kebakaran yang disebabkan oleh logam seperti Seng, Magnesium, serbuk Aluminium, Sodium, Titanium dan lain-lain.


Berbagai Kelas Tipe Api
Dari penjelasan diatas pastinya anda akan lebih mengetahui berbagai kelas tipe api yang ada. Namun seiring perkembangan zaman, data kelas jenis tipe api mengalami perubahan seperti berikut ini:
Jenis Api kelas A adalah Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Jenis Api kelas B adalah Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Jenis Api kelas C adalah Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Jenis Api kelas D adalah Logam (Magnesium, Misiu)
Jenis Api kelas E adalah Elektrikal (Dinamo, Motor Listrik)

Jadi ketika anda membeli Alat Pemadam Api pastikan anda mengetahui agen atau isi APAR sesuai dengan lingkungan anda terlebih dahulu. Seperti APAR dengan agen Powder dapat mematikan api dengan kelas api A, B, C dan E. 
Pastikan APAR sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda bingung mencari alat pemadam kebakaran sesuai  bahaya kelas tipe Api Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.
 
Berbagai Klasifikasi Kelas Kebakaran
Sebelum Anda membeli alat pemadam api, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui alat pemadam api seperti apa yang tepat sehingga efektif dalam penanganan kebakaran. Ada beberapa jenis kebakaran yang diklasifikasikan berdasarkan bahan penyebab kebakaran.
 
Setiap alat pemadam api memiliki kriteria masing-masing yang dibuat khusus untuk penanganan jenis kebakaran tertentu. Dengan mengetahui kelas-kelas kebakaran tersebut tentunya akan membantu Anda mengenali risiko yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Klasifikasi Kebakaran Kelas A
Kebakaran kelas A adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda padat yang mudah terbakar seperti kayu, kain, kertas, atau plastik.
 

Klasifikasi Kebakaran Kelas B
Kebakaran kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda cair atau gas yang mudah terbakar seperti bensin, cat, thinner, gas LPG, dan gas LNG.
 

Klasifikasi Kebakaran Kelas C
Kebakaran kelas C adalah kebakaran yang disebabkan oleh penggunaan komponen elektrik (listrik) seperti televisi, refrigerator, instalasi listrik, dan lain sebagainya.
 

Klasifikasi Kebakaran Kelas D
Kebakaran kelas D adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda metal yang mudah terbakar seperti potassium, sodium, aluminium, dan magnesium.
 
 
Media Alat Pemadam Api
Pemilihan media alat pemadam api dapat disesuaikan dengan lokasi atau tempat yang ingin diproteksi agar lebih efektif. Berikut Media alat pemadam api untuk memadamkan kebakaran yang sesuai dengan kelasnya:
 
Media Alat Pemadam Api Cair
Media alat pemadam api cair biasa digunakan untuk kebakaran kelas A dan B.
Media Alat Pemadam Api Powder
Media alat pemadam api dry powder atau dry chemical powder digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas A, B, C, dan D.
Media Alat Pemadam Api CO2 (Karbon Dioksida)
Media alat pemadam api CO2 atau karbon dioksida (carbon dioxide) dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C.
Media Alat Pemadam Api Foam
Media alat pemadam api foam dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A dan B.

Naah itulah informasi seputar tipe jenis api dengan judul Memahami Jenis Kelas Dari Tipe Api yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa menjadikan wawasan dan informasi yang bermanfaat.