• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Ketahui Berbagai Jenis Peralatan Pemadam Kebakaran

Fire Safety

Ketahui Berbagai Jenis Peralatan Pemadam Kebakaran -  Sekarang ini psti sudhatidak asing lagi dengan berbagai alat pemadam kebakaran ini. kenapa? Karena sekarang sudah banyak muncul kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan rumah apartement atu pun kendaraan pribadi Anda terutama untuk berjaga-jaga jika terjadi bencana kebakaran. 

Alat pemadan kebakaran terdapat berbagai macam dan jenis. Dan Berbagai peralatan dibawah ini umumnya dipakai atau digunakan untuk melindungi peralatan pemadam, atau sebagai pelindung saat melakukan pemadam api.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. 
Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap Perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya.

Adapun berbagai part penting yang harus ada di alat pemadam pemadam. Apa saja si peralatan tersebut? berikut ini kami jabarkan berbagai peralatan tersebut.
Baju Tahan Api dan Panas

Helm Pemadam Kebakaran

Sarung Tangan Pemadam Kebakaran

Mobil Pemadam Kebakaran / Blangwir

 
Motor Pemadam Kebakaran

 
Alat Pemadam Api Ringan – APAR

 
Alat Pemadam Api Berat – APAB

 
Alat Pemadam Api Thermatic

 
Fire Hose / Selang Pemadam Kebakaran

 
Bracket Tabung Pemadam Api
Bracket untuk meletakan alat pemadam api di dinding atau di dalam kendaraan
Alat gantung dinding yang berguna untuk menggantungkan APAR yang berisikan Powder/CO2

 
Cartridge
Memberikan tekanan untuk membantu menekan media seperti powder


 
Trolley Alat Pemadam Api
Trolley untuk membantu meletakan dan mendorong Alat Pemadam Api Berat – APAB

 
Sarung Cover Tabung Pemadam Api

 
Dip Tube

 
Discharge Hose

 
ABC Dry Chemical Powder
Media alat pemadam api ringan dan berat


 
Foam AB
Media alat pemadam api ringan dan berat

 
Foam AFFF Liquid
Agen alat pemadam api ringan dan berat

 
Box Pemadam Kebakaran / Box Alat Pemadam Api
Tempat penyimpanan alat pemadam api ringan agar awet dan tidak mudah rusak

 
Tanda Alat Pemadam Api
Tanda petunjuk tempat penyimpanan alat pemadam api berupa stiker, box lampu, akrilik, dan lainnya

 
Tag Pengecekan Alat Pemadam Api
Kertas pengecekan kondisi alat pemadam api dari tekanan dan kelengkapannya setiap bulan atau tahun


 
Seals Alat Pemadam Api
Digunakan untuk segel pengunci pada alat pemadam api


 
Hose Belt

 
Cabinet Key Box

 
Pressure Gauge
Alat ini berfungsi untuk menunjukkan tekanan N2 dalam tabung

 
O-Ring

 
Polyester Jacket Fire Hose

 
Discharge Valve Alat Pemadam Api

 
Rubber Synthetic Fire Hose

 
Safety Pin

 
Smoke Alarm

 
Gas Detector

 naah itulah berbahai jenis peralatan pemadam kebakaran dan berbagai jenis peralatan diatas memiliki maksud dan tujuannya saat digunakan.
Semua peralatan diatas sangat membantu berbagai pihak untuk memberikan informasi, dan mematikan api saat sedang terjadi bencana kebakaran. 
Sebenarnya apa si fungsi dari ala-alat pamadam kebaran tersebut? Berikut kami jelaskan juga berbagai jenis dan fungi alat pemadam kebakaran yang perlu Anda ketahui 
Berdasarkan Bahan pemadam api yang digunakan, APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat digolongkan menjadi beberapa Jenis. Diantaranya terdapat 4 jenis APAR yang paling umum digunakan, yaitu :
1. Alat Pemadam Api (APAR) Air / Water
 APAR Jenis Air (Water) adalah Jenis APAR yang disikan oleh Air dengan tekanan tinggi. APAR Jenis Air ini merupakan jenis APAR yang paling Ekonomis dan cocok untuk memadamkan api yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet, Plastik dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A). Akan  Tetapi akan sangat berbahaya jika dipergunakan pada kebakaran yang dikarenakan Instalasi Listrik yang bertegangan (Kebakaran Kelas C).
2. Alat Pemadam Api (APAR) Busa / Foam (AFFF)
APAR Jenis Busa ini adalah Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. 
APAR Jenis Busa AFFF ini efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A) serta kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvent dan lain sebagainya (Kebakaran Jenis B).
3. Alat Pemadam Api (APAR) Serbuk Kimia / Dry Chemical Powder

APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium danammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran. 
APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C.

APAR Jenis Dry Chemical Powder tidak disarankan untuk digunakan dalam Industri karena akan mengotori dan merusak peralatan produksi di sekitarnya. APAR Dry Chemical Powder umumnya digunakan pada mobil.
 
4. Alat Pemadam Api (APAR) Karbon Dioksida / Carbon Dioxide (CO2)

APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya.  APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan).
 
Naah itulah berbagai jenis dan fungi  peralatan pemadam kebakaran. Jika Anda ingin membeli peralatan pemadam kebakaran Anda bisa menghubungi  nomer yang ada di website ini. semoga artikel ini bermanfaat ya.