• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Ketahui Nama Alat Pemadam Kebakaran Untuk Kapal Laut

Fire Safety

Mari ketahui dan pelajari terkait Nama Alat Pemadam Kebakaran Untuk Kapal Laut –  Bencana kebakaran bisa saja terjadi di manapun. Di rumah Anda, Apartement, tempat kerja, kendaraan pribadi bahkan tidak memungkinkan kebakaran bisa terjadi pada saat mengendarai kendaraan umum seperti contohnya kapal laut. 

Seperti yang kita ketahui kapal lau terdapat berbagai ukuran. Berbagai ukuran dan jenis kapal digunakan untuk berbagai keperluan. Ada kapal untuk mengangkut barang, penumpang, dan kegiatan militer. Berikut berbagai jenis-jenis kapal yang kami rangkum dari berbagai media.

Jenis-jenis kapal laut
Kapal Tanker
Kapal RoRo (Roll On-Roll Off)
Kapal Feri
Kapal Pesiar
Kapal Kargo Kontainer
Kapal Bulk Carrier
Kapal Tongkang
Kapal Hopper Tongkang
Kapal Angkat Benda Berat
Kapal FPSO (Floating Production Storage and Offloading)
Kapal Penyelaman
Kapal Pemadam Kebakaran
Kapal PSV (Platform Supply Vessel)
Kapal Tunda (TugBoat)
Kapal Pemasang Kabel
Kapal Derek (Floating Crane)
Kapal Pengeboran (Drill Ship)
Kapal Keruk (Dredger)
Kapal Nelayan
Kapal Penelitian (Kapal RV)
Kapal Tunda
Kapal Kargo / Kapal Barang
Kapal Perang
Kapal Berlayar
Kapal Selam
Kapal LCT (Landing Craft Tank)


Dari berbagai jenis kapal-kapal laut diatas dipastikan harus memiliki sistem keamanan standar yang memadai. Kapal yang memiliki rentan waktu berlayar yang cukup lama menjadikan kapal laut harus memiliki sistem keamanan yang cukup tinggi untuk menjaga setiap kecelakaan kecil sampai besar terjadi. 
Salah satu permasalah yang terjadi adalah kebakaran karena korsleting listrik, bocornya gas, dan hal lainnya dapat menjadi masalah apalagi saat kapal sedang berada di tengah laut.
Solusinya adalah dengan menyiapkan segala peralatan pemadam kebakaran. Rata-rata kapal nelayan sudah mempersiapkan tabung pemadam kebakaran sebelum berangkat melaut. 
Tabung tersebut berguna untuk memadamkan api contohnya seperti saat sedang memasak makanan di kapal, dan terjadi kebakaran akibat bocornya gas atau tumpahnya minyak. Kebakaran tersebut pun dapat diatasi dengan cepat dengan tabung pemadam kebakaran.

Contoh lainnya adalah kapal pesiar yang pastinya memiliki struktur kapal yang dikhususkan untuk melakukan pelayaran dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Perlu anda ketahui kapal pesiar pastinya mampu mengangkut banyak penumpang. Dan setiap penumpang pun memiliki kegiatan masing-masing serta dapat melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan kebakaran kecil.

Adapun dapur untuk restoran di kapal pesiar yang selalu memasak makanan. Selain itu kapal yang memiliki tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya dan mudah terbakar. Larangan seperti merokok di dalam kapal sudah sepatutnya dipatuhi. Hal lainnya seperti korosinya berbagai perlengkapan listrik di kapal menjadi permasalahan yang dapat menimbulkan kebakaran akibat korsleting listrik.
Resiko kebakaran kecil pun akan sangat mudah terjadi. Umumnya setiap sudut ruangan umum di dalam kapal pesiar dipastikan memiliki APAR atau Alat Pemadam Api Ringan beserta dengan peralatan keamanan lainnya.
 
Alat Pemadam Kebakaran Kapal
Adapun spesifikasi Alat Pemadam Kebakaran yang seharusnya ada di dalam kapal seperti jenis Foam, Dry Chemical Powder, dan CO2. Setiap alat pemadam kebakaran memiliki jenis isi yang berbeda dan dapat anda sesuaikan dengan sumber api. Apakah Anda sedang mencari alat pemadam kebakaran untuk kapal? Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.

Berikut  berbagai jenis APAR yang sesuai dengan kapal Anda

APAR FOAM
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
APAR DRY CHEMICAL POWDER
Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
APAR CARBON DIOXIDE – CO2
Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)


Dari berbahai jenis alat pemadam kebakaran untuk kapan ini Anda dapat menentukan sendiri segala keperluan alat pemadam kebakaran sesuai dengan peralatan dan fasilitas yang memiliki dampak atau resiko kebakaran kedepannya. 

Untuk ukuran Alat Pemadam Kebakaran untuk kapal paling kecil adalah 3,5 Kg. Untuk kapal sejenis kapal Feri minimal memiliki Alat Pemadam Api Berat ukuran 25 Kg atau biasa disebut APAB Trolley. Dan berdasarkan peraturan pemerintah APAR perlu dilakukan pemeriksaan dalam kurun waktu 6 bulan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan. 
Sekian informasi mengenai Alat Pemadam Kebakaran Untuk Kapal Laut. Jika Anda bisa menghubungi nomer yang ada diwebsite ini untuk mendapatkan alat pemadam kebakaran untuk kapal laut.