• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan APAR Menurut Ruangannya

Fire Safety

Cara Tepat Menghitung Kebutuhan APAR Menurut Ruangannya –  kebutuhan akan alat pemadam kebakaran sangat besar. Perlu kita ketahui bahwa APAR memiliki banyak jenisnya sesuai kebutuhan.  Terus bagaimana cara kita mengetahui jenis APAR apa yang sesuai dengan kebutuhan kita di rumah atau bangunan kantor kita?
 
Sebenarnya cara untuk mengetahui kebutuhan APAR sudah diatur di National Fire Protection Association (NFPA) dan Peraturan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan. Namun masih banyak yang belum tahu, maka dari itu akan dibagikan di bawah ini:
 
Cara Tepat Menghitung Kebutuhan APAR Menurut Ruangannya
 
 
Ruangan aula, koridor dan perkantoran
Ruangan perkantoran atau aula dengan ukuran 200 meter persegi sebaiknya diberi alat pemadam api ringan dengan media dry chemical powder dengan berat 6 kg. Lalu ruangan terusan seperti koridor diberikan APAR dry chemical powder seberat 6 kg tiap 20 meter.
 
Ruangan berpartisi
Ruangan berpartisi seperti kantor dan kamar tidur sebaiknya juga dilengkapi dengan alat pemadam api ringan. Disarankan juga di setiap ruangannya diberi APAR dengan ukuran 3 kg dengan media dry chemical powder.
 
Ruangan dengan alat elektronik dan panel elektronik
Ruangan dengan banyak alat elektronik dan panel elektronik seperti ruangan penyimpanan genset, sangat rawan terjadi kebakaran. Maka dari itu disarankan untuk menyiapkan 2 jenis APAR untuk menanggulangi kebakaran di ruangan ini. 2 jenis APAR tersebut adalah APAR dry chemical powder dengan ukuran 4 kg dan APAR CO2 dengan ukuran 6 kg.
 
Area produksi, industri dan gardu listik
Potensi kebakaran di area ini cukup besar, mengingat area yang harus diproteksi cukup luas. Oleh karena itu, harus disiapkan 2 jenis APAR. Yang pertama adalah APAR dry chemical powder ABC dengan muatan yang besar dan yang kedua APAR dengan media CO2 berukuran 9 kg.
 
Tips dan Cara Tepat Menghitung Kebutuhan APAR
 
Setelah tahu bagaimana cara menghitung kebutuhan APAR, Anda harus tahu beberapa tips tentang APAR. Disarankan bagi Anda untuk meletakan APAR di tempat yang mudah dijangkau saat terjadi kebakaran, seperti di dekat pintu darurat. Jangan lupa juga untuk menempel stiker tanda APAR di atasnya.
 

Dihimbau juga setelah menggunakan APAR untuk selalu melakukan inspeksi pada APAR dan melakukan isi ulang media APAR jika sudah digunakan atau kadaluarsa. Isi juga informasi terbaru APAR pada kartu APAR yang bisa dibantu juga menggunakan aplikasi FIRECEK.
BAGAIMANA CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN APAR?
 
Naaah... Setelah Anda  mengetahui bermacam informasi mengenai cara penempatan, perawatan dan cara pakai APAR, Anda juga perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan APAR. Dalam penyediaan APAR di setiap ruangan bangunan, tentunya tidak boleh sembarangan, karena akan berpengaruh dalam upaya pemadaman api.
 
Perlu diketahui para pembaca, jika satu ruangan dengan ruangan lain memiliki kebutuhan yang berbeda akan alat pemadam api ringan. 
 
Cara Tepat Menghitung Kebutuhan APAR di Tiap Ruang
Menghitung kebutuhan APAR sebenarnya sudah ditetapkan oleh National Fire Protection Association (NFPA) dan Peraturan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan yang akan dirangkum pada poin-poin di bawah ini:
 
Aula/Koridor/Perkantoran
Untuk ruang perkantoran dengan luas 200m persegi, sebaiknya disediakan alat pemadam api dengan media dry chemical powder seberat 6 kg di tiap ruangannya. Lalu untuk ruangan terusan atau terbuka seperti koridor dan aula, sebaiknya disediakan APAR dengan berat dan jenis yang sama berjarak 20 meter tiap unitnya.
 
Kamar Tidur/Ruang Kantor/Ruangan berpartisi lainnya
Ruangan dengan partisi seperti kamar tidur dan ruang kantor sebaiknya juga diproteksi dengan alat pemadam api ringan. Untuk ruangan tersebut, sebaiknya disediakan alat pemadam api ringan dengan media dry chemical powder berukuran 3 kg di tiap ruangannya.
 
Ruang dengan alat elektronik/Ruang panel elektronik/Ruang penyimpanan genset
Ruangan dengan alat elektronik dan mekanik sebaiknya diberi 2 jenis alat pemadam api ringan. Alat pemadam api ringan yang harus disiapkan adalah APAR dengan media dry chemical powder bersatuan berat 4 kg dan APAR dengan media CO2 bersatuan berat 6 kg.
 
Area Produksi/Industri/Gardu Listirk
Dengan potensi kebakaran yang cukup tinggi pada ruangan-ruangan seperti ini, maka ketersediaan APAR sangatlah mutlak. Pada ruangan ini dihimbau untuk menyediakan APAR dengan media dry chemical powder ABC bermuatan besar juga APAR dengan media CO2 dengan berat 9 kg.
 
Catatan Tambahan Cara Menghitung Kebutuhan APAR
 
Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan APAR, Andadihimbau juga untuk memperhatikan catatan tambahan terkait penyediaan APAR. Disarankan APAR diberi tanda dengan warna merah yang mencolok tepat di atas tempat APAR diletakan. Juga sebaiknya APAR diletakan di tempat yang mudah diakses saat terjadi kebakaran, contohnya di dekat pintu darurat.
 
Nah, itu semua informasi mengenai cara menghitung APAR yang bisa dibagikan di sini. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek APAR milik Anda. semoga artikel ini bermanfaat. Jika Anda mencari alat pamadam kebakaran Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.
 
Beberapa kata kunci yang berhubungan dengan cara tepat menghitung kebutuhan APAR menurut ruangannya cara mudah menghitung kebutuhan APAR tips menghitung APAR cara jitu menghitung kebutuhan APAR.