• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Pelajari Ketentuan Jumlah APAR di Tiap Ruangan

Fire Safety

Ketentuan Jumlah APAR di Tiap Ruangan – Kebakaran bisa saja terjadi di mana pun Anda berada baik di rumah, gedung kantor atau bahkan di sekolah tempat anak Anda belajar.
 
Salah satu pencegahan kebakaran adalah dengan menyiapkan  alat pemadam kebakara atau APAR. Naah... setiap gedung dan ruangan tentunya memiliki standart dalam pemasangan APAR. 
 
Setiap ruangan atau bangunan memiliki ketentuan jumlah APAR yang berbeda-beda. Hal ini sebenarnya sudah diatur dan dirumuskan dalam peraturan NFPA dan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dari kedua peraturan tersebut akan coba kami tuliskan beberapa poinnya di bawah ini:
 
Kamar atau ruang berpartisi lainnya di dalam rumah
Dalam ruangan kamar atau ruang-ruang berpartisi lainnya di dalam rumah sebaiknya dipersiapkan APAR powder berkapasitas 3 kg.
 
Perkantoran, aula dan koridor
Dalam ruangan perkantoran atau aula dengan luas 200 meter persegi sebaiknya dipersiapkan APAR powder dengan ukuran 6 kg di setiap ruangan tersebut. Lalu, untuk ruangan terbuka dan koridor sebaiknya dipersiapkan APAR powder dengan kapasitas 6 kg di setiap 20 meter.
Area produksi atau industri
Karena di area seperti ini sangat rawan mengalami kebakaran, maka wajib dipersiapkan APAR dengan kapasitas cukup besar. Persiapkan dalam area ini masing-masing APAR dengan kapasitas 9 kg dengan media powder dan CO2.
 
Ruang berpanel elektronik
Di ruang berpanel elektronik ada ketentuan jumlah APAR tersendiri. Dikarenakan ruangan ini berpotensi muncul kebakaran elektrikal, maka ketentuan jumlah APAR yang harus dipersiapkan adalah APAR CO2 berukuran 6 kg dan APAR powder dengan kapasitas 4 kg.
 
 
Cara Me-manage Jumlah APAR yang Banyak Diberbagai Tempat
Naah... Jika Anda memiliki APAR diberbagai tempat di rumahmu dan beberapa di area kantormu, pasti akan sangat ribet jika harus me-managenya satu persatu. Maka dari itu, kami akan bagikan cara mudah untuk me-manage APAR.
Caranya Anda tinggal unduh saja aplikasi Firecek! Aplikasi Firecek adalah aplikasi pengecekan alat pemadam api yang bisa Anda gunakan untuk me-manage APAR dimanapun, kapanpun dan sebanyak apapun. Aplikasi APAR Firecek juga akan membantumu dalam:
Menyimpan data dan informasi APAR
Menjadwalkan inspeksi APAR
Menganalisa potensi kelas kebakaran
Menganggarkan biaya perawatan APAR
Memberi notifikasi jika APAR memasuki masa kadaluarsa dan juga jika APAR harus melakukan inspeksi
 
KETENTUAN JUMLAH APAR STANDAR NFPA DAN PERATURAN MENTERI
Ketentuan jumlah APAR dalam suatu area atau tempat harus sangat diperhatikan. Karena hal ini sangat berkaitan dalam upaya mitigasi bencana kebakaran. Misalnya jika kita sudah mempersiapkan APAR namun media dan kapasitasnya atau jumlahnya tidak cocok dengan area yang akan diproteksi, maka akan berakibat fatal.
KETENTUAN JUMLAH APAR SESUAI STANDAR DI TIAP RUANGAN
Sebelum kita mempersiapkan berapa jumlah APAR yang harus kita persiapkan. Anda terlebih dahulu harus mengenal kaitan antara kelas kebakaran dan juga media pemadam api. Karena jika Anda memadamkan api kelas kebakaran tertentu dengan media yang salah, maka api akan sulit dalamm bahkan kebakaran bisa semakin meluas.
Nah, maka dari itu kami akan memberikan ringkasan media pemadam api apa yang cocok untuk memadamkan kelas kebakaran tertentu di bawah ini:
Dry chemical powder: dapat memadamkan kelas kebakaran A, B dan C
Foam: dapat memadamkan kelas kebakaran A dan B
CO2: dapat memadamkan kelas kebakaran B dan C
Setelah Anda mengetahui dalamnan media pemadam api dengan kelas kebakarannya, maka barulah Anda dapat menentukan jumlah APAR yang tepat dalam ruangan atau area tertentu.
 
Ruangan berpartisi: siapkan satu tabung APAR powder berukuran 3 kg dalam ruangan ini.
Ruangan aula, perkantoran dan koridor: siapkan satu buah APAR berukuran 6 kg dengan media powder dalam ruangan berukuran 200 meter persegi atau tiap 20 meter.
Kawasan industri atau area produksi: karena area ini sangat rawan mengalami kebakaran maka harus dipersiapkan APAR powder dan CO2 masing-masing dengan kapasitas 9 kg.
Ruangan dengan banyak alat atau panel elektronik: dalam ruangan ini harus dipastikan tidak menggunakan media yang mengandung unsur air atau konduktor. Maka persiapkan di ruangan ini APAR dengan media CO2 berukuran 6 kg dan APAR powder dengan kapasitas 4 kg.

Demikian Ketentuan Jumlah APAR di Tiap Ruangan yang perlu anda ketahui. Jika Anda membutuhakn alat pemadam kebakaran Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.