• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Produk Alat pemadam Kebakaran Portable

Fire Safety

Produk Alat pemadam Kebakaran Portable -   Bencana kebakaran bisa saja terjadi di manapun. Di rumah Anda, Apartement, tempat kerja, kendaraan pribadi bahkan tidak memungkinkan kebakaran bisa terjadi pada saat mengendarai kendaraan umum.
Dan saat ini sudah banyak yang menyadari bahwa pentingnya akan keamanan dan pencegahana bencana kebakaran. Salah satu kesadaran ini adalah banyak yang sudah menyiapkan alat pemadam kebakaran di rumah, apartement bahkan di dalam kendaraan pribadinya.  
 
Banyak yang bilang bahwa alat  pemadam  kebakaran  api ringan menyebutnya sebagai  pemadam  kebakaran portable. Naaah.. Kenapa alat pemadam api ringan atau APAR bisa juga disebut alat pemadam portable? 
Alat pemadam api ringan ini disebut juga dengan alat pemadam portable ternyata karena fungsinya. Pemadam  portable berfungsi agar dapat dioperasikan oleh siapapun untuk memadamkan api pada menit-menit awal kebakaran  yaitu 3 menit awal. Selain itu, alat pemadam api ini juga gampang untuk dioperasikan perseorangan.
 
Jenis-jenis Alat Pemadam Portable Menurut Medianya
 
Sebelum Mengenal Lebih Detail Alat Pemadam Kebakaran Portable perlu kita bahas dulu proses bagaimana bisa terjadi kebakaran/ timbulnya api, menurut NFPA 10 Edition 2002 timbulnya api di sebabkan karena adanya 4 faktor atau Tetrahedron yaitu 
 
1). Fuel- bahan bakar – Fuel/bahan bakar berupa bahan yang mudah terbakar – padat, cair atau gas. 
 
2). Oxygen – Udara yang kita hirup mengandung 21 % oksigen sedangkan api hanya membutuhkan 16 % oksigen. 
 
3). Heat – panas adalah energi yang di butuhkan untuk meningkatkan suhu bahan bakar (point 1) untuk menjadi uap yang akan mudah terbakar. 
 
4). Chemical Chain Reaction – Reaksi berantai dapat terjadi ketika ketiga unsur itu mengalami oksidasai secara cepat akan terjadi kebakaran, untuk menghilangkan api harus memisahkan salah satu dari 3 faktor tersebut. diantaranya menggunakan fire extingusher tentunya berdasarkan klas kebakarannya.
 
Alat pemadam portable sendiri dapat dibedakan dari jenis media pemadam yang ada di dalam tabungnya. Jenis media pemadam api pada umumnya dibedakan menjadi tiga jenis. Untuk media alat pemadam portable dipasaran biasanya tersedia dalam tiga jenis, yaitu powder, foam dan CO2. 
Nah, masing-masing media tersebut memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing, yaitu :
Media powder: media ini berbentuk serbuk kering yang bekerja dengan menutup/mengisolasi dan menyebarkan bahan bakar pada titik api. Media ini biasa digunakan di kelas kebakaran A, B dan C.
Media foam: ini adalah media campuran antara air dan biang soda. Media ini bekerja dengan mengisolasi dan mendinginkan titik api. Media foam bisa digunakan di kelas kebakaran A dan B, tapi tidak bisa digunakan di kelas kebakaran C (elektrikal) karena media ini bersifat konduktor yang dikhawatirkan akan memperparah korsleting.
Media CO2: adalah media berbentuk gas yang termasuk APAR clean agent. APAR ini adalah “primadona” untuk memadamkan kebakaran elektrikal atau kelas kebakaran C.
 
Naaah... Setelah bicara masalah kebakaran kita harus bisa mengklasifikasi jenis kebakaran yang terjadi. Dalam hal ini terdapat dua acuan standar yang digunakan menurut NFPA 10 Edition 2002 Standard for Portable Fire Extinguisher,  antara lain:

1. Klas A : kebakaran dari benda padat yang mudah terbakar, seperti kayu, kertas,
2. Klas B : kebakaran dari cairan yang mudah terbakar, seperti bensin, solar,
3. Klas C : kebakaran dari benda-benda electrical
4. Klas D : kebakaran yang melibatkan material logam.
5. Klas K : kebakaran dari minyak masak dan lemak.
 
 
Naah... itulah penjelasan mengenai Alat pemadam Kebakaran Portable. Semoga artikel ini bermanfaat ya... jika Anda membutuhkan Alat pemadam Kebakaran Portable Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini.