• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Ketahui Cara Kerja Alat Pemadam Api Otomatis

Fire Safety

Pelajari Cara Kerja Alat Pemadam Api Otomatis -  kebakaran bisa saja terjadi di manapun dan kapanpun. Di rumah Anda, Apartement, tempat kerja bahkan tidak memungkinkan kebakaran bisa terjadi di kendaraan pribadi Anda.

Salah satu cara untuk mencegah kebakaran adalah dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran. Naah.. perlu Anda ketahui alat pemadam kebakaran  terdapat banyak sekali jenis dan modelnya.

Setiap jenis memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Salah satu alat pemadam kebakaran yang lumayan menarik adalah alat pemadam api otomatis.
 
Mengapa alat pemadam jenis ini dapat bekerja secara otomatis?  Naah dalam artikel kali ini kami akan menjelaskannya pada Anda, Simak cara kerja alat pemadam api otomatis di bawah ini:
Pada ujung alat pemadam api ini terdapat detector yang terbuat dari kaca dan berisi air raksa yang sangat sensitif dengan kenaikan suhu. 
 
Saat suhu naik, cairan yang ada di dalam kaca tersebut akan mengembang dan mengakibatkan kaca detector tersebut pecah. Biasanya pada suhu 57° C, 68° C, atau 93° C.
 
Setelah kaca yang menahan pada bagian sprinkler alat pemadam thermatic ini pecah, maka media pemadam yang ada di dalam tabung akan secara otomatis keluar.
Media pemadam yang keluar dari dalam tabung alat pemadam thermatic akan memadamkan kebakaran mulai dari bagian bawah terlebih dahulu. Setelah itu, media pemadam baru akan naik dan memadamkan api yang masih ada di area atas.
 
Jangkauan Proteksi dari Alat Pemadam Otomatis
 
Naaah... Dikarenakan alat pemadam otomatis ini bersifat fix atau tidak dapat berpindah-pindah, maka yang harus Anda ketahui sebagai penggunanya adalah mengetahui jangkauannya. Karena luas area jangkauan thermatic harus diperhitungkan dengan luas area yang akan diproteksi.
Alat pemadam otomatis thermatic akan bekerja pada range 7 meter sampai 8 meter persegi. Maka dari itu, Anda harus memperhitungkan luas yang harus Anda proteksi dari kebakaran menggunakan alat pemadam otomatis ini. 
Semakin luas area yang harus diproteksi, maka semakin banyak unit alat pemadam otomatis thermatic harus Anda persiapkan. Cara kerja Alat pemadam apai otomatis
Itulah  cara kerja dan luas area yang dapat Anda proteksi menggunakan alat pemadam otomatis jenis thermatic ini. Selalu perhatikan dan kenali jenis alat pemadam sebelum menggunakannya. 
Dan yang tidak kalah penting, selalu lakukan perawatan dan maintenance pada sistem proteksi kebakaran milik Anda yang dapat dibantu menggunakan aplikasi Firecek.
 
Setelah menyiapakan alat pemadam kebakaran Anda juga perlau memahami cara mencegah agar tidak terjadi kebakaran. Naah...  Agar bangunan seperti rumah, kantor, sekolah, gudang dan lain sebagainya tidak terbakar dan menimbulkan kebakaran, maka diperlukan pencegahan kebakaran. Pastinya banyak yang tidak mengetahui apa saja si cara pencegahan terjadinya kebakaran ini.


Untuk itu dalam artikel kali ini kami berikan tips dan trik mencegah terjadinya kebakaran sebagai berikut :


1. Waspada Rokok

Cara mencegah terjadinya kebakaran yang pertama adalah dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Pastikan rokok telah mati total sebelum dibuang ke tempat sampah. Rokok 99% memberikan masalah daripada manfaat, oleh karena itu sebaiknya jangan merokok agar tidak rugi.

2. Waspada Pada Penerang Api
Ketika mati lampu dan menggunakan penerangan api seperti lilin dan lampu tempel semprong / petromak maka jangan pernah lalai untuk mengawasi lampu tersebut dan tidak menaruh di tempat sembarang yang bisa jatuh atau berpindah tempat sehingga bisa membakar benda mudah terbakar yang ada di sekitarnya. Awasi pula penggunaan anti nyamuk bakar.

3. Waspada Anak-Anak dan Lansia

Jauhkan benda-benda yang berapi atau yang dapat mengeluarkan api. Paling tidak ada orang dewasa yang mengawasi seperti bermain korek api, korek gas, kembang api, petasan, obat nyamuk bakar serta benda-benda yang mengeluarkan api dan panas seperti kompor gas, kompor minyak, setrikaan, dispenser air, pemasak nasi, dan lain-lain. Anak-anak sangat berpotensi bertindak ceroboh yang bersifat fatal.

4. Waspada & Rawat Perangkat Listrik dan Perangkat Api


Salahs satu Cara mencegah terjadinya kebakaran Rawat dengan baik dan rutin kompor gas, setrikaan, mejik jar, solder, kabel-kabel listrik dan perangkat listrik dan api lainnya. 

Jaringan listrik di rumah, kantor, dll jika sudah usang sebaiknya dilakukan penggantian total dengan mengganti seluruh perangkat jaringan listrik diganti dengan yang berkualitas bagus dan baru demi keamanan dari korsleting listrik (hubungan arus pendek).

Maka dari itu perlu kita hindari mencuri listrik pln agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti misal kesetrum dan konslet listrik.

5. Siapkan Perangkat Pemadam Kebakaran Ringan

Naah... Jika bangunan cukup besar gunakan sistem pemadam detektor asap, pemancar air, perangkat penunjang hidup saat kebakaran, hidran, selang penyemprot air, tabung pemadam semprot, dan lain sebagainya. Jangan lupa berikan penyuluhan bagi penghuni bangunan dalam menghadapi bencana kebakaran. Untuk bangunan kecil minimal ada karung yang dapat dibasahi untuk meredam kebakaran ringan / kecil. 

Siapkan selang panjang atau ember untuk memudahkan menyiram kebakaran dengan air.
 
Demikian penjelasan Ketahui Cara Kerja Alat Pemadam Api Otomatis. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan alat pemadam kebakaran Anda bisa menghubungi nomer yang ada di website ini. 
Beberapa hasil penelusuran yang serupa meliputi cara kerja alat pemadam  cara menggunakan alat pemadam api ringan  alat pemadam kebakaran  cara menggunakan apar pdf  cara menggunakan apar pass  bahan pemadam kebakaran  alat pemadam api ringan harga  petunjuk penggunaan apar pdf  cara menggunakan hydrant.