• Selamat datang di Distributor Alat Pemadam Api Kebakaran Terbaik

Blog RJM

Gambar Blog RJM

Ketahui 4 Poin Penting Sebagai Standar Penempatan APAR yang Benar

Fire Safety

Standar Penting Penempatan APAR yang Benar – Kesadaran akan bahaya dan kerugian kebakaran sudah cukup besar di masyarakat saat ini. Dan sudah banyak masyarakat yang menyediakan alat pemadam kebakaran yang di rumah atau kantor tempat bekerja. 
Namun banyak yang tidak menyadari mengenai perawatan APAR. Hal ini menjadi penting menyadari mengenai perawatn dari alat pemadam kebakaran. Hal ini karena APAR harus dijaga dengan baik supaya tidak rusak atau tidak hilang saat dibutuhkan.
Oleh karena ituada beberapa hal yang harus diikuti saat menempatkan APAR. Di bawah ini akan dirangkum 4 Poin Penting Sebagai Standar Penempatan APAR yang harus kamu ikuti dalam menempatkan APAR sesuai standar:
Tempat standar penempatan APAR adalah area yang mudah diakses dan tidak terhalang oleh benda atau gangguan lainnya.
Tepat di atas APAR dipasang haruslah diberi tanda APAR yang jelas dan sesuai standar.
Pasang APAR di dinding, minimal 15 cm dari lantai atau idealnya adalah 125 cm dari lantai.
Jarak antara APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter, atau bisa disesuaikan sesuai saran dari ahli K3.
 
Poin-poin standar penempatan APAR di atas harus diikuti supaya APAR mudah diakses dan selalu dalam kondisi siap pakai. Karena jika APAR ditaruh sembarangan bisa saja APAR rusak atau hilang. Standar penempatan APAR


Standar Penting Penempatan APAR Outdoor Yang Benar

Selain empat poin di atas, jika kamu meletakan APAR di luar ruangan atau outdoor harus diberi tambahan box APAR. Dengan adanya box APAR, maka komponen-komponen APAR dan juga media pemadam api yang ada di dalam tabung APAR akan terlindungi dari paparan cuaca ekstrim yang ada. 
 
Karena jika APAR tidak dilindungi box APAR, maka tabung dan komponen APAR akan cepat mengalami korosif. Selain itu, media di dalam tabung APAR juga bisa menggumpal karena paparan cuaca.
 
Standar penempatan APAR memang sangat penting, bahkan pemerintahpun sampai mengaturnya dalam Peraturan
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, oleh sebab itu Anda harus memperhatikannya dengan baik.


POIN-POIN PENTING STANDAR PENEMPATAN APAR YANG HARUS DITERAPKAN

Ada beberapa poin penting dari Peraturan Menteri di atas yang sudah kami ringkas dan akan kami bagikan di bawah ini:

  1. Tempat penempatan APAR harus bebas dari halangan dan gangguan, sehingga di saat darurat mudah untuk diakses.
  2. Penempatan APAR bisa dipasang pada dinding dengan ketinggian 125 cm dari atas lantai atau minimal 15 cm dari atas lantai.
  3. Tepat di atas APAR harus diberikan tanda APAR.
  4. Jarak APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter, atau bisa disesuaikan dengan saran dari ahli K3.


BOX APAR KOMPONEN UNTUK PENEMPATAN APAR DI LUAR RUANGAN (OUTDOOR)

Selain empat poin standar penemparan APAR di atas, jika kamu hendak meletakkan APAR di luar ruangan, ada satu komponen tambahan yang harus kamu siapkan yaitu box APAR. Dengan box APAR ini, APAR milikmu akan terhindar dari paparan cuaca ekstrim supaya tidak rusak. Standar penempatan APAR
 
Dengan menggunakan box APAR, maka komponen-komponen APAR, dan terutama tabung APAR tidak akan mudah korosif karena terkena hujan dan sinar matahari langsung. Selain itu, media dalam tabung APAR juga akan terjaga dan tidak akan menggumpal. Sehingga, kapanpun APAR akan digunakan, maka akan selalu dalam kondisi prima.
 
Pemilihan box APAR juga harus diperhatikan, pilihlah box APAR yang sesuai dengan ukuran APAR-mu, pastikan juga box APAR berwarna merah dan memiliki pintu atau penutup.
Ada dua tipe pintu box APAR yang sesuai standar penempatan APAR, satu yang bisa dikunci dan yang kedua tidak bisa dikunci. 
 
Jika box yang tidak bisa dikunci biasanya pintu full terbuat dari besi atau fiber, namun jika pintu bisa terkunci biasanya ada bagian yang terbuat dari kaca, agar dalam keadaan darurat pintu box APAR tersebut bisa dipecah dan APAR bisa diambil.
Perlu juga diketahui bahwa ada dua tipe pintu dari box APAR, yaitu yang bisa dikunci dan tidak bisa dikunci. Khusus untuk pintu box APAR yang bisa dikunci akan ada kaca yang bisa dipecah, sehingga saat kebakaran terjadi tidak perlu mencari kuncinya. Cukup memecah kaca pada box APAR tersebut dan mengeluarkan APAR dari dalam box.
 
Demikian 4 Point Standart Penting Sebagai Penempatan APAR yang Benar dan perlu Anda ketahui. Semoga artikel yang disampaikan website RJM bisa memberikan kemanfaatan dan wawasan yang berguna bagi Anda yang membutuhkan.
 
Beberapa hasil penelusuran yang berkaitan dengan standart penting penempatan APAR yang benar, cara menghitung kebutuhan apar,  jenis apar,  permenakertrans ri no 4/men/1980 pdf,  apar adalah  tanda apar,  petunjuk penggunaan apar.